Jumat, 20 Agustus 2010

Home » » Khasiat Buah Kurma

Khasiat Buah Kurma

 “Apabila salah seorang diantara kamu puasa, hendaklah berbuka dengan kurma, bila tidak ada hendaklah dengan berbuka dengan air, sesungguhnya air itu bersih.” (H.R. Ahmad dan Tarmidzi).
Buah kurma bukan lagi sesuatu yang asing di Indonesia, kendati tidak diproduksi di negeri ini. Buah kurma amat banyak diminati apalagi pada bulan Ramadhan. Seperti apakah kandungan buah yang kerap jadi oleh-oleh Mekah tersebut?.

Kurma adalah sejenis tanaman palma yang banyak ditanam di Tumur Tengan dan Aprika Utara karena buahnya dapat dimakan. Ditambah lagi sejara pembudidayaannya untuk diambil buahnya. pohonnya berukuran sedang, tingginya berkisar 15-25 meter. Seringkali tunbuh bergerombol dengan beberapa batang yang muncul dari satu akar yang sama. Namun biasa juga tumbuh sendiri-sendiri. Suku yang termasuk suku cacear ini, bahkan juga dianggap berasal dari Arab. Buahnya berbentuk bulat lonjong, dijadikan semacam manisan dan enak dimakan dalam bentuk buah.
Bulan Ramadhan memang selalu identik dengan kurma. Setiap kali menjelang berbuka puasa, buah manis berwarna coklat terang hingga gelap ini sering menjadi menu perdana berbuka puasa maupun pada saat sahut juga sangat baik dijadikan makana penutup pada saat sahur, karena dengan memakan kurma setelah sahur Insya Allah dalam menjalankan ibada puasa tubuh akan terasa pit sepanjang hari. Sebagian besar umat bahkan mengaku tidak akan afdol rasanya jika berbuka puasa tanpa buah kurma (tapi kalau saya abis sahur harus ada buah kurma). Selain karena sesuai anjuran Nabi Muhammad saw, kurma juga bermanfaat bagi tubuh. Karena selain mengandung mineral, kurma juga mencegah anamia dan lesu darah.
Kurma juga dikatakan tidak mengandung lemak. Kandungan protein dan gula alaminya sangat mudah dicerna, sehingga baik dikonsumsi orang yang sudah seharian berpuasa. Kandungan potasium dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan dapat mengurangi risiko serangan stroke.
Kurma dimakan dengan kulitnya, melancarkan pencernaan :
1. Jika dimakan tanpa membuang kulitnya, dapat melancarkan pencernaan dan mencegah peradangan usus.
2. Bagi perempuan menyusui, kandungan zat besi dan kalsium dalam kurma dapat menambah kuantitas air susu.
3. Kurma pun berperan membantu pembentukan darah dan sumsum tulang bagi bayi yang disusui.
4. Kurma dipercaya memberi tamabahn tenaga untuk ibu hamil.
5. Kurma dapat memperkuat urat-urat rahim, sehingga proses melahirkan lebih mudah. Juga mengurangi pendarahan ketika melahirkan serta menguatkan organ rahim.
6.Bayi yang disusui ibu yang rajin mengonsumsi kurma, akan tumbuh menjadi anak yang cerdas.
7. Sangat baik untuk mengatasi masalah sembelit, lemah otot, letih, stress, dan pegal.
8. Membantu menguatkan daya ingat.
9. Perempuan Arab percaya kurma dapat menghaluskan kulit. Biasanya dengan campuran bahan lain dijadikan kosmetik pelengkap kecantikan.
10. Kadar kalium yang terdapat dalam kurma dapat mengurangi risiko serangan stroke dan darah tinggi.
11. Bagi penderita batuk, kandungan gulanya dapat menghilangkan gatal-gatal di kerongkongan, sekaligus menghentikan batuk.
12. Jus kurma juga dapat mengurangi penyakit insomania.
13. Kurma dapat menambah nafsu makan dan seksual.
14. Zat besi dan hidrat arang yang terkandung cukup baik bagi penderita anemia dan lesu kronis.
15. Mempunyai andil menghangatkan badan dan meningkatkan daya kerja otak.

Mengatur Denyut Jantung
Terakit kandungan kurma, para ahli gizi mengatakan, buah ini juga mengandung kalium. Zat yang sangat berguna menjaga keseahatan jantung dan pembuluh darah. Fungsi mineralnya membuat denyut jantung teratur, mengaktifkan kontraksi otot dan menstabilkan tekanan darah. Buah kurma tidak mengandung lemak. namun kandungan karbohidratnya dapat menghasilkan energi (tenaga) tinggi.

Selamat Menjalankan Ibada Puasa 1431 H

Artikel Terkait



1 komentar:

  1. memang kurma disamping rasa yang enak juga mempunyak banyak khasiat, makasih sob atas sharingnya. Salam

    BalasHapus

Mali Siparappe, Rebba Sipatokkong, Malilu Sipakainge, Sipakatau Sipakalebbi.
Komentar sahabat-sahabat sangat membantu saya untuk lebih baik "TERIMA KASIH SEBELUMNYA"
Bila sahabat-sahabat ingin TUKERAN LINK klik aja DI SINI

Bursa Jual Beli dan Sewa Menyewa